Dusun Tapen Juara 1 Karnaval Memperingati HUT RI ke-70 tingkat Desa Hargomulyo

Membanggakan. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan pencapaian Dusun Tapen pada Karnaval Memperingati HUT RI ke-70 tingkat Desa Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. Pada perlombaan ini Dusun Tapen meraih Juara 1. Karnaval ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2015 dengan rute Lapangan Sibogor Pripih – Pasar Pripih – Dusun Tlogolelo – finish di Unperpass Dusun Tapen.

Pada karnaval ini, Dusun Tapen mengusung konsep sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari properti dan bentuk arak-arakan Dusun Tapen. Bagian depan ditampilkan potensi yang ada di Dusun Tapen seperti perwakilan dari ibu-ibu PKK (termasuk prestasi yang pernah diraih), peran mata pencaharian dan profesi.. Bagian tengah ditampilkan gunungan yang dibawa oleh bapak-bapak dari Kelompok Tani Dusun Tapen. Bagian belakang ditampilkan properti yang menggambarkan runtutan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, dimulai dari masa perjuangan kemerdekaan, masa pendudukan jepang, proklamasi kemerdekaan, dan masa mempertahankan kemerdekaan. Susunan karnaval ini mempunyai makna di balik kemerdekaan bangsa ini terdapat usaha gigih para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Prestasi ini sebanding dengan kerja keras dari seluruh elemen warga Dusun Tapen, khususnya kaum muda. Menurut ketua Karangtaruna Tunas Manunggal, Latif, dalam mempersiapkan perlombaan ini dibutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: